Jumat, 25 Mei 2012

Terminal AKAP W.A GARA Palangka Raya


Terminal AKAP W.A GARA merupakan kebutuhan yang sangat mendesak khususnya bagi masyarakat kota Palangka Raya,  menyusul dibukanya jalur Trans Kalimantan yang melewati Samarinda - BalikPapan Banjarmasin - Palangka Raya dengan kota-kota sekitarnya seperti Sampit – Pangkalan Bun.
Dengan dibukanya terminal AKAP W.A GARA ini dapat meningkatkan  pendapatan masyarakat dan ke depan penertiban dan pengawasan terhadap angkutan liar akan semakin ketat, karena menimbulkan persaingan tidak sehat dengan angkutan umum lainnya yang mempunyai izin resmi.
Pemprov Kalteng telah mengoperasikan Terminal Antarkota Antar provinsi (AKAP) Willy Ananias Gara yang terletak di Jalan Mahir Mahar, Palangka Raya. Peresmian terminal itu langsung dilakukan oleh Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dan dihadiri dari perwakilan pemerintah pusat, Rabu (14/12).
Kepala Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika Kalteng M Hatta mengatakan, terminal yang dibangun sejak 2007 itu telah siap dioperasikan. Seluruh infrastruktur penunjang seperti jalan, kantor, listrik, dan kelengkapan lainnya sudah fungsional


Keberadaan terminal terbe­sar regional Kalimantan ini baru digunakan sebagai tem­pat singgah angkutan umum dan... untuk keberang­ka­tan, sedangkan pembelian tiket masih dilakukan diloket dise­tiap agen angkutan.

Kepala Dinas Perhubung­an Komunikasi dan Informa­tika (Dishubkominfo) Kota Palangkaraya membenarkan kondisi Termi­nal AKAP yang masih se­pi. Dia menegaskan, untuk meng­a­lih­­kan semua angkutan um­um ke Terminal AKAP ti­dak semudah membalik te­lapak tangan. Perlu waktu cukup lama. Menurut dia setidaknya diperlukan waktu enam bu­lan untuk memindahkan se­luruh angkutan ke Terminal AKAP itu. Meski begitu pi­haknya meminta kepada se­­luruh angkutan wajib sing­gah ke terminal. Ini dilakukan untuk mendisiplinkan angkutan dan calon penumpang. Dia optimis secara bertahap kondisi Terminal AKAP akan ramai dan penumpang tidak lagi membeli tiket dan berangkat di setiap angkutan.
Sebab, Dishubkominfo Kota Palangkaraya akan me­wa­jib­kan seluruh angkutan menjual tiket di terminal. Namun, kebijakan itu diber­la­­kukan jika seluruh armada sudah pindah ke terminal dan jalan lingkar luar tembus ke Kilometer 10, Jalan Tjilik Riwut, sudah mulus.
Kristian memastikan, jalan lingkar luar itu akan dibang­un tahun ini oleh Dinas Pe­kerjaan Umum Provinsi Kal­teng. “Jika jalan itu belum dibangun, angkutan umum seperi bis masih diperbolehkan lewat melalui jalan dalam kota,” katanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar